Extreme Souls Production : Tiang Kokoh Eksistensi Musik Metal Indonesia

Extreme Souls Production : Tiang Kokoh Eksistensi Musik Metal Indonesia

Extreme Souls Production atau lebih dikenal dengan akronim “ESP”, merupakan salah satu records label asal Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1996, selama hampir 26 tahun, records label milik “Bos Iwan” ini sudah merilis sekitar 100 album band – band metal seperti Jasad, Forgotten, Disinfected, Geboren, Crusade, tidak hanya dari dalam negeri ESP pun beberapa kali merilis band mancanegara seperti Disgorge (Mex). Tidak banyak records label yang bisa bertahan selama 2 dekade lebih dan perjalanan 26 tahun ini tidak lepas dari komitmen ideologis ESP sendiri untuk turut serta membesarkan skena musik metal di tanah air.

Dengan banyaknya rilisan dari ESP, tidak salah kalau Extreme Souls Production seakan akan sedang melaksanakan kampanye “Memetalkan Masyarakat & Memasyaratkan Metal”, kalimat ini dipertegas dengan konsistennya ESP merilis album dari band-band metal setiap tahunnya. Melalui ESP, Iwan yang merupakan kakak kandung dari Man (Vokalis Jasad) ini beberapa kali berkolaborasi dengan records label luar negeri, nama nama seperti Sevared Records (Amerika Serikat), dan Displeased Records (Belanda) pernah berkolaborasi dengan Extreme Souls Proudction. Tidak lupa album kompilasi legenda seperti Neohellist dan Brutally Sickness adalah buah karya dari ESP yang sampai sekarang masih menjadi salah satu penjualan terbagus untuk kategori album Kompilasi.

Sudah Banyak Records Label membuat launching perilisan album dari band yang mereka rilis, tapi mungkin hanya sedikit records label yang mempunyai sebuah event musik sendiri, melalui ESP Deathfest, Extreme Souls Proudction menjadi salah satu yang mempunyai event musik sendiri, sejalan dengan namanya band band seperti Jasad, Undergod, Jihad, Turbidity, Opium, Digging Up pernah merasakan ganasnya panggung dari ESP Deathfest, tapi tidak hanya itu Iwan yang juga dikenal sebagai Dosen di Kampus Kegelapan sempat menyelegarakan beberapa event musik ekstrem lainnya.

Artikel Terkait

Down For Life Lepas Children Of Eden

Sempat Tertunda! Turtles Jr Akan Tampil di Rebellion Festival 2022

Otherverse