menu Home chevron_right

Jakarta [Indonesia]

Biography


Jason Ranti adalah seorang pemusik Indonesia yang tenar oleh album folk-nya, Akibat Pergaulan Blues

Ia belajar ilmu psikologi di Universitas Atma Jaya Jakarta. Sebelum berkarier solo, ia sempat bergabung dengan band Pakons Band Ia pernah bekerja di bank, di restoran, dan sebagai guru. Ia menikah dengan istrinya, seorang dokter, dan dikaruniai seorang anak.

Tumbuh dan besar di sebuah keluarga Katolik, Jason menyebut Bambang Sugiharto, guru besar ilmu filsafat di Universitas Parahyangan, sebagai salah satu inspirasinya. Dalam bermusik, inspirasinya datang dari berbagai macam hal, mulai dari ceramah agama Emha Ainun Nadjib sampai pertandingan sepak bola. Jason menyitir Nyanyian Angsa karya W.S. Rendra, “Hey Joe” karya Jimi Hendrix, dan Noel Gallagher dari Oasis sebagai inspirasinya yang lain.

Album perdana Jason dirilis pada tahun 2017 oleh Demajors dan terdiri atas sebelas lagu; yang paling populer antara lain “Variasi Pink”, “Bahaya Komunis”, dan “Do’a Sejuta Umat”. Jason mengakui bahwa album ini merupakan respon pribadinya atas realita kehidupan masyarakat. Topik yang diangkatnya beragam, mulai dari agama, politik, pemuda, hingga komunisme. Meskipun banyak pengamat menyebutnya sebagai sebuah album folk, namun Jason sendiri menolak untuk melabeli musiknya ke dalam kategori tersebut.

Sebuah single berjudul “Lagunya Begini Nadanya Begitu” diciptakan Jason untuk penyair Sapardi Djoko Damono dan ia bawakan bersama Iwan Fals pada April 2019.





play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play